Jumat, 27 November 2009

Peranan Teknologi Informasi Komputer Dalam Era Globalisasi :) ~





Istilah Teknologi Informasi (Information Technology atau IT) mulai populer di akhir dekade 70-an . Pada masa sebelumnya , istilah teknologi computer atau pengolahan data elektronis atau PDE (Electronic Data Processing atau EDP) lebih dikenal .

Contoh Teknologi Informasi adalah :
Mikrokomputer, Komputer mainframe, Pembaca barcode, Perangkat lunak pemroses transaksi, Perangkat Lunak lembar kerja (spreadsheet), Peralatan komunikasi dan jaringan .

Menurut James O Bryan & George M , Teknologi Informasi adalah kombinasi dari orang (brainware) , hardware , software , komunikasi network , dan sumber data yang dikumpulkan , ditransformasikan dan disebarkan menjadi berupa informasi yang berguna dalam suatu organisasi .
TIK sudah bukan istilah asing lagi bagi segenap orang , bahkan TIK pun sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para pelajar baik SD , SMP , dan SMU . Selain itu TIK juga sudah menjadi materi pembelajaran yang wajib di dalam suatu sekolah .



Secara garis besar dapat dikatakan bahwa :
1) Teknologi Informasi dapat menggantikan peran manusia. Dalam hal ini teknologi informasi melakukan otomatisasi terhadap suatu tugas atau proses .
2) Teknologi Informasi memperkuat peran manusia , Yaitu dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas proses ,
3) Teknologi Informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia
Teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses .



TIK sudah merajai dalam bidang pekerjaan dan industri , yang dimana hampir seluruh perusahaan lokal maupun asing membuka lowongan kerja bagi para orang yang mahir dalam bidang TIK dengan gaji yang beraneka ragam antar satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
Ditambah lagi sekarang merupakan era globalisasi yang dimana semua pengolahan data atau informasi yang ada harus kemas dalam bentuk file bukan lagi bentuk laporan dengan setumpuk kertas yang menjulang tinggi ..



Selain itu , TIK juga bisa membantu manusia dalam pekerjaan malah mempercepat kinerja produksi suatu perusahaan , misalnya dengan membuat robot yang dapat mengecat seluruh body mobil , melakukan penyolderan pada alat-alat elektronika , membuat kamera pengawas , pemadam api , pengangkut barang berat , penjinak bom , meneliti planet lain dan masih banyak lagi kelebihan dari TIK sekarang ini ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar